Tip Penaganan Pasca Serangan Ulat Bulu

Ulat bulu probolinggoUlat bulu probolinggoSerangan massal ulat bulu di Probolinggo, yang diperkirakan mulai awal Maret 2011, membuat geger masyarakat, para ahli dan Pemerintah.

Pada umumnya perhatian kita terpusat kepada, bagaimana mengendalikannya. Apakah tidak ada yang perlu dilakukan terhadap tanaman-tanaman yang terserang pasca serangan? Tim Peneliti BPTP Jatim memberikan beberapa tip umum kepada masyarakat, terutama pasca serangan. Pertama, agar berhati-hati dalam penggunaan insektisida yang saat sekarang digunakan dengan semangat membasmi, bukan sekadar mengendalikan.

Perilaku manusia untuk membasmi itu merupakan salah satu faktor yang diduga menyebabkan meledaknya satu organisme karena telah mengganggu keseimbangan alam. Demikian juga, musnahnya musuh alami ulat bulu (semut rang-rang dan burung), yang sekali lagi juga akibat ulah manusia. Kedua, tanaman yang diserang agar segera dilakukan pemupukan.

Bila cuacanya mendukung, serangan ulat bulu yang mengakibatkan tanaman menjadi gundul tanpa daun, mungkin justru akan mendorong pembungaan dan membuat tanaman berproduksi lebih tinggi. (SH).

 

Laporan lengkap hasil pemantauan ulat bulu di Probolinggo dapat diunduh di sini